the balebengong
Tempat Denpasar Berbagi Kabar
 
Thursday, May 31, 2007
Nak Nik, Kording ala Anak Subak Dalem



Dengan penuh semangat, sepuluh anak itu mengangkat tangan mereka ke udara bersama-sama sambil berteriak, “Horeeeee...” Lalu semua tertawa tergelak.

Sore Jumat pekan lalu itu mereka merayakan selesainya koran dinding [kording] buatan sendiri. Inilah bukti bahwa anak-anak pun bisa mengelola informasi. Mereka tidak hanya mengonsumsi, mereka kini memproduksinya. Dari mereka, oleh mereka, untuk warga sekitarnya. Mereka memberi nama kording itu Nak Nik dengan slogan Kenyem Anak Subak Dalem, artinya Senyum Anak Subak Dalem.

Kording buatan anak-anak Jl Subak Dalem Gg V Desa Peguyangan Kecamatan Denpasar Utara itu berisi tulisan, foto, dan gambar. Ada cerita tentang sungai yang kotor, kelinci yang lucu, anjing bernama bleki, ayam jago yang suka selingkuh, dan seterusnya. Anak-anak yang hampir semua masih SD itu menuliskan saja apa yang mereka rasa. Jadinya sangat personal dan natural. Tidak ada kalimat yang dibuat-buat demi memuaskan redaktur atau pembaca. Pokoknya muncul saja seperti apa yang mereka rasa.

Made Sudarsana, siswa kelas I SMP misalnya, menulis tentang ayam jagonya. Bacalah sebagian tulisan Made ini.

...Aku sayang sekali dengan Jambul. Sejak kecil ia kupelihara dengan kasih sayang. Walau dia ayam jago, aku tak punya keinginan untuk membawanya ke tempat aduan. Aku takut dia mati.

Jeleknya si Jambul suka selingkuh. Kemudian dia meninggalkan pasangannya. Huuhhh, aku sebel!

Tidak perlu kategori apa jenis tulisan itu. Bisa prosa, bisa pusi, bisa berita kisah, bisa apa saja. Terserah dan suka-suka Anda mengklasifikasikannya. Tapi apa pun itu, tulisan Made sudah bisa menggambarkan apa yang dia rasakan. Made lalu menyampaikannya pada orang lain.

Biar tidak kena hujan, kording berbahan gabus itu dilapisi plastik. Kording made in anak-anak itu lalu diikat di pagar salah satu warga. Meski cerita-cerita mereka hanya sepele, banyak juga orang yang lewat ikut membaca. Ada yang panas hati gara-gara disindir suka buang sampah di sungai, banyak pula yang tertawa setelah baca.


-lebih lengkap isi kording nanti diposting belakangan-
posted by The Balebengong 1:52 PM  
 
1 Comments:
Post a Comment
<< HOME

myprofile
Name: The Balebengong
Home: Denpasar, Bali, Indonesia
About Me: Tiap kabar bisa diceritakan di balebengong. Tidak harus kabar penting, kabar paling pribadi pun bisa. Sebab di balebengong, tiap orang bisa membuat cerita. Tidak hanya membacanya. Untuk berbagi kabar silakan kirim ke antonemus@yahoo.com atau slokainstitute@yahoo.com. Jika ada kabar penting bisa juga SMS ke 0817348794 atau telepon ke 0361-7989495
See my complete profile


previouspost
Tumor Membesar Setelah Dioperasi
Anak-anak Melawan Stigma dan Diskriminasi
Abuan Mewujudkan Fair Trade hingga Pelosok Desa
Soto Karangasem, Weteng Wareg Gumi Ajeg
Taman 65, Menjadikan Rumah sebagai Pusat Kebudayaan


myarchives
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
September 2007


mylinks
TemplatePanic
Blogger


bloginfo
This blog is powered by Blogger and optimized for Firefox.
Blog designed by TemplatePanic.