the balebengong
Tempat Denpasar Berbagi Kabar
 
Tuesday, June 19, 2007
Buku Soal Pariwisata Bali dan Terorisme


Setelah 15 Tahun, Terbit di London

SEBUAH buku tentang pariwisata Bali baru saja terbit di London. Buku berjudul "Tourism, Development and Terrorism in Bali" ditulis bersama oleh Prof Michael Hitchcock dari London Metropolitan University dan Dr. I Nyoman Darma Putra dari Fakultas Sastra Unud. Penerbit Ashgate mengklasifikasikan buku ini dalam seri terbitannya "voices in development management".

-------------

Fokus buku ini adalah pengalaman Bali dalam mengelola krisis kepariwisataan (tourism crisis management) dalam 10 tahun terakhir. Dalam kajiannya, kedua penulis menggarisbawahi ketahanan budaya masyarakat Bali dalam menghadapi berbagai tekanan arus globalisasi yang masuk lewat sektor pariwisata dan terorisme global.

Uraian dimulai dengan dampak dari krisis moneter Asia, krisis sosial politik yang menimbulkan berbagai kerusuhan sosial, sampai dengan krisis akibat serangan terorisme 2002 dan 2005 di Kuta dan Jimbaran. "Kami juga membahas wacana perdebatan penolakan nominasi Pura Besakih sebagai warisan budaya dunia," ujar Darma kepada Bali Post baru-baru ini.

Ahli pariwisata Richard Butler dan Adrian Vickers memberikan komentar dalam buku ini. Menurut Butler, buku ini penting karena secara menarik membahas hubungan kebertahanan budaya Bali dengan globalisasi lewat pariwisata. Sementara Adrian Vickers menulis bahwa buku ini merupakan kajian komprehensif tentang Bali sejak 15 tahun terakhir, dan yang pertama pasca-bom Bali.

Buku ini ditujukan bagi kalangan mahasiswa, akademik, pengusaha, dan pengambil keputusan pembangunan pariwisata. Isinya diharapkan dapat memperkenalkan kepada dunia luas pengalaman Bali dalam mengembangkan pariwisata, khususnya dalam mengelola krisis kepariwisataan, di tengah-tengah dampak positif dan negatif dari globalisasi.

Jarang Ditulis
Topik pariwisata Bali banyak dibahas dalam berbagai seminar dan dialog bisnis, namun penulisan buku yang lebih menyeluruh jarang terjadi. Buku serius dan mendalam tentang pariwisata Bali, menurut Darma, terbit tahun 1992 (1996) karya Michel Picard dari Paris, berjudul "Bali, Cultural Tourism and Touristic Culture". "Setelah lima belas tahun, barulah ada buku tentang pariwisata Bali terbit," jelas Darma yang kini tengah menjadi peneliti tamu di School of Languages and Comparative Cultural Studies, University of Queensland, Australia.

Tampil merah mencolok, kulit buku ini dihiasi foto dari kompleks Pura Besakih dan monumen bom Bali di London. Monumen London diresmikan oleh Pangeran Charles pada Oktober 2006. Ilustrasi kulit buku mencerminkan bahwa penulis buku ini berasal dari Bali dan London.

Gagasan awal menulis buku ini sudah disepakati sejak 2003 ketika Darma dan Michael melakukan riset bersama di Bali. Saat itu, Michael juga sempat mengikuti sidang-sidang kasus bom Bali di Nari Graha. Kegiatan penulisan baru dimulai 2004, ketika Darma diundang ke London sebagai peneliti atas biaya Sutasoma Trust hasil perjuangan Michael dan Prof IB Adnyana Manuaba lewat program kerja sama universitas.

Michael adalah antropolog yang mendalami pariwisata dan kebudayaan Indonesia. Dia sering tampil sebagai komentator TV/Radio BBC London untuk masalah Indonesia. Michael baru saja menerbitkan buku tentang batik sebagai desain interior yang diprakarsai oleh mantan Menteri Pariwisata Joop Ave.

Sedangkan Darma adalah dosen Fakultas Sastra Unud yang pernah menjadi wartawan pariwisata. Riset untuk buku ini dilakukan di sela-sela kegiatannya menjadi penerjemah untuk televisi ABC Australia dalam liputan sidang bom Bali. (tin)
posted by The Balebengong 1:53 PM  
 
0 Comments:
Post a Comment
<< HOME

myprofile
Name: The Balebengong
Home: Denpasar, Bali, Indonesia
About Me: Tiap kabar bisa diceritakan di balebengong. Tidak harus kabar penting, kabar paling pribadi pun bisa. Sebab di balebengong, tiap orang bisa membuat cerita. Tidak hanya membacanya. Untuk berbagi kabar silakan kirim ke antonemus@yahoo.com atau slokainstitute@yahoo.com. Jika ada kabar penting bisa juga SMS ke 0817348794 atau telepon ke 0361-7989495
See my complete profile


previouspost
Kumbasari
Bali Shanti Shanti Shanti
Antara Ovu(m)lasi dan Seni
Sanur Village Festival Kedua
MINIKINO SHORT FILMS
Gayas Serang Bali Timur
In Memoriam of Sekar
Liburan Sepi di Pasar Kumbasari
Eldah Terangkat Alang-alang
Lila Bhuwana


myarchives
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
September 2007


mylinks
TemplatePanic
Blogger


bloginfo
This blog is powered by Blogger and optimized for Firefox.
Blog designed by TemplatePanic.